Photobucket
Tuesday, July 07, 2009
Pengalaman pertama ketika melahirkan Nathan
Kayaknya aku belum pernah cerita tentang proses kelahiran Nathan deh! Tadi iseng-iseng nemu ide n kesempatan untuk menceritakan moment terindah itu. Semoga kelak bisa di baca oleh sang jagoanku itu, n inget betapa moment itu tidak terlupakan.


1. Was your first child's pregnancy planned?
Setelah menikah, tidak pernah sedikitpun kepikiran mo nunda punya momongan. Malah aku pinginnya cepet-cepet hamil, kalo bisa maunya langsung hamil deh. Gak tau kenapa, rasa takut gak bisa hamil, gak bisa punya anak sempet menghantui, apalagi kalo melihat beberapa temenku yang kesulitan punya momongan walau udah nikah bertahun-tahun. Duh! Rasanya menunggu hamil tuh deg2an banget. Setiap bulan suteres, apalagi menjelang haid. Owalah! Pokoke….sedih banget kalo tiba-tiba “mens”…..again n again…. Telat 2 hari aja udah sibuk beli test pack, walaupun kemudian harus kuciwa, karena stripnya selalu satu “negative”. Dan itu berlangsung sampe 3 bulan….karena finally, bulan ke 4nya daku “POSITIF” bo!
2. Were you married at the time?
Tentu saja.
3. What were your reactions?
Duh! Gimana ngelukis perasaanku saat itu ya…hmmmm, eh….. really really……apa ya? Pokoke tidak terlukiskan, serasa plong, seneng, bangga…., seminggu sejak test, masih suka senyum senyum sendiri, gak peduli orang mikir apa, yang penting I’m so excited, so happy….so so deh!
4. Was abortion an option for you?
Walah! Gak kepikiran sama sekali, gak akan dan gak terlintassssssss……….gile kali ya!
5. How old were you?
26 tahun, sesuai dengan planning ku saat masih SMP. Huehehehee….Gile kan! Dari SMP dah punya planning about married & pregnant. hihihiiiiiiii
6. How did you find out you were pregnant?
Seperti ceritaku pada pertanyaan no.1 tadi, aku n hubby yang emang dah pingin banget punya momongan, jadinya setiap bulan selalu testpack walau baru telat satu dua hari.. dan udah menghabiskan sekitar 5 test pack kalo gak salah, dari yang termurah sampe yang termahal.

Apalagi, ketika semua orang yang ketemu aku n hubby, pasti pada nanya, "dah hamil blom?” atau "udah isi blom?". Duh! Pertanyaan itu sangat sangat menganggu, n sangat-sangat mempengaruhi perasaanku. Apalagi pertanyaan yang sama juga keluar dari mulut sang mertua. Jadi ngerasa bersalah, apa jangan-jangan daku gak bisa hamil….bulan-bulan pertama itu malah bikin aku stress…hiks! Padahal kalo dipikir-pikir aku n hubby kan nikahnya baru berjalan 3 bulan, pasti orang-orang masih cuek bebek, masih menikmati honeymoon kali. Sedangkan diriku sibuk memikirkan bisa gak punya anak??? Mungkin karena aku n hubby pasangan pertama dikedua belah pihak, dan mereka mengharapkan cucu pertama na hadir secepatnya.


Nah! Setelah 3 bulan gak hamil-hamil, di bulan ke empatnya aku berusaha serileks mungkin, malah gak mau mikirin lagi. Pokoknya pasrah banget sama kehendak Tuhan. Tadinya kan ngotot banget tuh ama Tuhan heheheee…..
Saat itu urusan kantor juga lagi bejibun…, dan 3 minggu berikutnya aku akan ditugaskan ke Bangkok untuk urusan kerjaan. Saking sibuknya, tentu saja tambah gak mikirin, tambah cuek dong.
Dan ternyata udah telat 2 mingguan, mungkin ini telat terlama, karena sebelum-sebelumnya 2 hari – 4 hari doang.


“hun, aku udah telat 2 minggu niy! Test gak ya?” tanyaku
“hmmm…kita beli aja sens*ti**nya , tapi testnya tunggu sehari lagi, kalo emang gak datang, test deh!” kata hubbyku.

Tapi dasar aku, karena test pack udah ditangan bener-bener gak bisa liat tuh test pack nganggur. Pagi-pagi buta, saat terbangun kencing, setengah 2 pagi (pagi banget kan?) dicelup lah tuh test pack. Harap harap cemas juga jadinya……. Dag dig dug…dan Tra lalaaaaaaaaaa….Garisnya langsung muncul dua…, Hah! Jantung makin berdegup kencang….aku masih terpana ngeliat garisnya, dengan mata yang tidak lagi mengantuk aku langsung menuju hubby…. Aku goyang-goyang tubuhnya…..sambil bilanggg “Aku hamil hunyyy!” kataku dengan suara tercekik karena haru….

Hubbyku langsung meminta testpacknya, mungkin dipikirnya aku ngigau kali… dan setelah melihat dengan mata kepala sendiri, hubby langsung memeluk dan menciumku. “kita akan punya anak” katanya sambil terus memelukku.

Ajaib! Aku bahkan tidak bisa tidur lagi. Di pejam kayak apapun gak bisa merem….
Saking excitednya, pagi-pagi aku udah telp mama, “ma, aku hamil!”. Pokoke norak.com deh! Mungkin saat itu aku orang paling bersemangat….”pengen ngasih tau kesemua orang kalo I’m pregnant.hihihiiiiiiii…..


But for sure, aku n hubby ke dokter dong! Biar lebih jelas lagi tentunya. Guess what! Ke dokter malah bikin aku down bo! Masa dokternya bilang gini “Bu, jangan seneng dulu ya! Walaupun positif belum tentu bener-bener hamil. Banyak kok yang positif, tapi fiktif, hamil anggur dsbnya. Kita liat 2 minggu lagi ya!”. Begitu katanya. Aku yang tadinya girang, jadi ciut, kecut, n deg2an menunggu 2 minggu berikutnya. Tapi tentu saja, aku dah gak mau ke dokter itu, masa dokter kayak begitu, bukannya menyemangati malah bikin downnn…. Huh! Bener-bener merusak suasana hati.

7. Who did you tell first?
Ya siapa lagi kalo bukan hubbyku yang ganteng itu…huehehehe….kan' dah dikasih tau di no.6. hihihi...

8. Did you want to find out the sex?
Tentu saja, penasaran dan pengen tau banget co or ce-nya. Hubby pengennya anak pertama kita cowok. Aku juga pinginnya cowok, tapi kalopun dikasih cewek tetep seneng kok. Karena aku yakin banget, apapun jenis kelaminnya, Tuhan pasti menganugerahkan yang terbaik buat kami. Dan yang paling penting lagi sang baby sehat jasmani & rohaninya.

9. Due date?
Karena jalan lahirku abnormal Pelvik (CMIIW ya!) jadi dokter memutuskan harus dilakukan ceasar sertio, dan kelahiran baby udah dipersiapkan jauh-jauh hari, at least 4 minggu sebelum kelahirannya. Sempet binggung mo pilih tanggal berapa, setelah kemudian aku putuskan 22 Maret 2004, bertepatan dengan hari nyepi umat Hindu.

10. Did you have morning sickness?
Wuih morning sicknessnya bahkan ampe mau lahiran. 2 minggu sejak tau hamil sampe lahiran tiada hari tanpa muntah. Di kantor aja, temen-temen kantorku udah eneq kali ngeliat aku yang tiap hari muntah. Sambil ngetik muntah, selesai approval muntah, bikin report muntah….apalagi kalo abis minum susu….owalah! muntaaahhhhh *maaf ya …

11. What did you crave?
Bulan-bulan pertama pinginnya buah jeruk…sehari bisa abis 1kg. hueheheeeeeeeee……..setelah itu gak ada yang spesifik banget.
12. Who/what irritated you the most?
Apa ya? Kayaknya gak ada deh!
13. What was your first child's sex?
Jagoan, Puji Tuhan anak pertama kami dikasih cowok.
14. Did you wish you had the opposite sex of what you were getting?
Tidak, sangat bersyukur atas anugerahNya.
15. How many pounds did you gain throughout the pregnancy?
Waduh!!!! Malu banget nulisnya 24kg kurang lebih.
Buanyak memang, pokoke yang pertama kali kliatan melar tuh “hidung” oversize jadinya, perut jangan ditanya semuanya membengkak….kata hubbyku mirip penguin….hiks! Apalagi ketika lahir, Nathan gak berat-berat amat, berarti semua berat dan lemak larinya ke badanku...untungnya proses pelangsingan tidak memakan waktu lama...hehehe.

16. Did you have a baby shower?
apaan nih? Sebulanan kali ya! Bikin ketan kuning ama bagi2 nasi box ke tetangga, n undang-undang sodara-sodara terdekat. Acara gunting rambut jugaaa ama mamaku n mertua.
17. Was it a surprise or did you know?
Ya pastinya, kan emaknya harus memprakarsai hehehehe….secara anak pertama gitu loh! Dan karena Nathan juga cucu pertama untuk kedua belah pihak, tentu saja semuanya terlibat. Gak ada rahasia2an lage.
18. did you have any complication during your pregnancy?
Puji Tuhan gak ada.

Sempet ada insiden kecil saat usia kehamilan 5 bulan. Setelah semalaman hujan turun, pagi-paginya saat mau pipis, aku terpelesettt …jatuh terduduk. Reflek tanganku berusaha menyanggah tubuh, tapi tetep saja terjatuh….tangan jadi terkilir, Dan yang paling aku kuatirkan saat itu adalah baby diperut. Dan kalo gak salah saat itu hari-hari terakhir puasa (tepatnya 24 november 2003), hampir semua rumah sakit gak ada dokternya. Dan satu2nya rumah sakit terdekat yang ada dokternya yaitu RS Pondok Indah, dengan dokter Bambang. Puji Tuhan setelah diUSG, sang baby baek-baek saja. Dan aku juga tidak mengalami pendarahan dsbnya, kecuali tangan kiri yang senat senut gak karuan.

19. Where did you give birth?
RSB Sarana Husada, sekarang udah jadi RSB Permata Sarana Husada.
20. How many hours were you in labor?
Beberapa menit doang, mungkin hanya 10 menitan, dari proses suntik punggung, pasang keteter, dibelek ampe terdengar bunyi tangisan Nathan untuk yang pertama kalinya.

21. Who drove you to the hospital?
Hubby tentu saja, yang beberapa menit kemudian disusul mama, mertua, adek-adekku yang ceuntill, semua begitu excited, apalagi ketika ngeliat dokter Reza yang guanteng hueaahahaha……jadi pada genit deh!
22. Who watched you give birth?
Para team dokter ama asisten-asistennya, kurang lebih berjumlah 7 orang.
Karena c-section tentu saja hubby gak diperbolehkan masuk. Kalo pun bole belum tentu hubby berani ngeliat perutku dibelek gitu. Hihihiiiii…….

23. Was it natural or c-section?

Seperti penjelasanku di no.9, aku terpaksa harus c-section. Mungkin untuk sebagian orang yang menganggap remeh, bahwa ceasar tuh seperti tidak melahirkan, atau terkesan “kurang afdol” atau apapun sebutannya, bagiku proses melahirkan secara cesar juga penuh perjuangan. Disini juga taruhannya nyawa. Suka sedih and nyesek kalo ada yang bilang “oh cesar toh! Gak ngerasain dong gimana perjuangan hidup dan matinya?” duh! Gregetan dengernya. Coba simak ya!

Sebelum proses itu, tahap-tahap yang ditempuh juga gak mudah.


1. Puasa minimal 10 jam.


2. Cukur bulu, asli waktu pertama kali, aku kaget setengah mati ketika ditanya uda cukur atau belum? Apanya yg dicukur kataku. Karena gak punya pengalaman, makanya aku harus rela dicukur sama sang perawatnya….malunya minta ampun. Tau gitu, aku kan bisa cukur sendiri. Hiks!


3. Disuruh pups, dengan memasukan sejenis kapsul atau entah apalah yang kemudian bikin perut langsung mulesss…dan lancar deh proses pupna *sorry


4. Test alergi, ini nih! Tadinya aku pikir biasa aja, ternyata sakitttttt booooo! Suntik dibawah kulit kata sang bidan. Untuk memastikan kita tidak alergi terhadap obat-obatan tertentu.


5. Test pembekuan darah. Kuping entah yang kiri atau kanan, di tusuk pake jarum kecil n darahnya ditaro di kaca kecil tuk di bawa ke lap.


6. Tangan ditusuk jarum infus.


7. Disuntik bius pada tulang punggung, ya rasanya jangan ditanya, maknyusss….


8. Dipasang kateter…., proses ini tidak menyakitkan, karena dipasang setelah bagian perut ke bawah mati rasa.


9. Dipasang selang oksigen. Ini juga tidak menyakitkan, tapi perasaan sendirian di meja operasi, dag dig dug…, antara takut dan excited sungguh tidak terbayangkan, apalagi setelah lampu operasi dinyalakan, meja-meja beroda itu didorong, yang tentu saja isinya berbagai jenis pisau yang tajammm…siap membelah perutku ….hihhhh!


10. Setelah operasi selesai, badan mulai mengigil. Kata dokter pengaruh obat biusnya. Diselimuti setebel apapun, dipakein kaos kaki sebanyak apapun tidak ada pengaruhnya…dinginnya tetep menusuk tulang. Bahkan untuk sebagian orang, malah ada yang muntah-muntah dsbnya.


11. 6 jam setelah operasi, hilangnya pengaruh obat bius…membuat aku bisa merasakan nikmatnya sakit akibat c-section tadi…., duh! Tidak terkatakan. Teriris pisau sedikit aja dah menjerit2, nah ini…. Walaupun semua sakit itu terbayar lunas saat melihat wajah ganteng “Nathanku”.


12. hmmm, jangan kira segitu aja sakitnya. Proses pencabutan kateter ternyata lebih menyakitkan lagi, huuuuhhhhh! Aku sampe hampir jatuh, ketika harus berdiri setelah kateter dilepas. Owalah! Sakitnya bikin seluruh tulang lemes. Hiks! Gak terasa air mata ikut keluar. Dan lagi-lagi semua itu ternyata tidak sebanding ketika aku merengkuh Nathan dalam pelukanku.


24. Did you take medicine to ease the pain?

Tentu saja, kalo gak disuntik bius, apa gak langsung pingsan dibelek begitu aja….hehehehe….


25. How much did your child weigh?

Nathan lahir di Minggu ke 38, saat itu beratnya 2800 gr, 46 cm. Rambutnya hitam legam, matanya itu bening banget, bikin aku langsung jatuh cinta saat pertama menatapnya.

26. When was your child actually born?

22 Maret 2004, pukul 9.47wib (Senin, bertepatan dengan hari besar umat Hindu)

27. What did you name him/her?

Nathan Angelo Stenlie, yang artinya Malaikat yang dianugerahkan Tuhan untuk Steven & lieanasari


Sejak SMP, aku tuh tergila-gila dengan komik jepang, Mari-chan, nah! Salah satu tokohnya tuh ada yang namanya Nathan, aku suka banget ama tokoh ini…, dari situ aku selalu bercita-cita anak pertamaku, jika laki-laki akan kunamakan “Nathan”.


28. How old is your first born today?

5 tahun, 3 bulan
Baby boy ku bentar lagi udah TK B, udah bisa diajak diskusi. Udah bisa ngelawan juga, ngebantah apa lagi, ngambek juga iya. Pokoke bikin rumah cerah ceria. Dan sekarang dalam tahap belajar membaca, dan keliatan banget kemajuannya. Hmmm…hopefully, bentar lagi dah lancar deh! Apalagi keliatannya Nathan juga excited banget buat belajar, apa aja dibaca. Hohoooo…. “mommy so a proud of you dearr…..”.

Saat ini aku sedang hamil anak yang ke-3, so far semua baik-baik saja. Sabtu kemaren, tanggal 4 Juli 2009, baru aja control ke dsognya, usia kehamilan sudah 32 minggu. Berat Dd 1790gram. Masih 6 minggu to go. Masih cukup lama memang. Tapi udah gak sabar lagi pengen liat Dd, apalagi aku udah cukup lama gak gendong bayi….excited lagi. Proses melahirkannya, tidak begitu aku pikirkan, semoga semuanya lancar ya!Amin. Doain ya teman2.


Bagi yang ingin melanjutkan posting seperti ini, bole kok copy paste. Secara daku juga cope paste dari sini Silahkan!

Labels: ,

posted by Liana @ 3:21 PM  
14 Comments:
  • At 8:18 PM, Blogger Cyntha said…

    sama donk gw juga c section. bagi gw yg pualing sakit ketika perut kita dibelek, woalah sakitnya minta ampyun deh. gw sampe dibius lagi, saking ga kuat nahan sakit, makanya gw ga liat babynya keluar, sadar2 perut gw uda lg dijahit :( yaaa...apa mau dikata yang penting lahir selamat deh. sekarang khan gw bisa sepuas2nya memandang airaku tersayang :D

     
  • At 10:17 AM, Anonymous Anonymous said…

    sari..gw copy yaakkk =D

     
  • At 4:11 AM, Blogger Arman said…

    wah lengkap bener ceritanya... :)

    btw baby shower itu bukan sebulanan. lebih kayak nujuhbulanan kalo buat orang jawa. jadi pas lagi hamil 7 bulan atau di atas itu nah diadain baby shower.

    biasanya emang yang ngadain itu temen/sodara. jadi bukan yang hamil. yang hamil ya tinggal dateng aja. makanya kadang bisa jadi surprise.

     
  • At 6:18 AM, Anonymous sarie said…

    @cyn; hah! sakitttt ya? wah! apa jgn2 obat biusnya blum bekerja? syerem ngebayanginnya aja. iya sih! yg penting udah lewat ya, n baby jg selamat.

    @tweenees; sip! copy aja, daku kan jg ngopy hehehe

    @Arman; thanks bgt infonya Man, akhirnya tau jg, aku chinese jd gak kenal juga istilah baby shower tuh kek gimana...n gak ada gitu2an kecuali babynya dah nongol hehehe...

     
  • At 10:08 AM, Blogger Mommy Axel said…

    Tenang Sarrr. Ada temennya. Gue pas gadis, 53. Kelar hamil 83. Berarttiii... 30 Kg. wakkaa... Tapi memang pas hamil itu, gue pengen makan segala2nya yang selama ini gue tahan2 karena takut gendut. Wakakaka... Memang dasarnya juga tulang gue berat, baby-nya juga lumayan gede, 3,5 Kg. Haha.. Sekarang juga masih kelebihan 10 Kg. Mau ngurusin badan, masih agak2 males. Hahha.. Soalnya ntar kalo hamil lagi, langsung gendut lagi deh.

     
  • At 11:29 AM, Blogger Michael, Ryan , Emily's Mommy said…

    Sar.. sama persis deh , aku juga kesel gregetan kalau ada teman yang komentar.. pake epidural ya? wah nggak ngerasain sakit yang sebenarnya dong?
    Ihhh dalam hatiku.. wah kalau bisa keluar tanpa ada rasa sakit sama sekali aku malah mau , nah ada ditawarin epidural ya lumayan lah..
    Biarin aja aku nggak ngerasain sakitnya yang sebenarnya, biar aja aku dianggap nggak hebat..
    Yang jelas aku yang ngalami melahirkan itu sendiri, dan aku merasakan bahagia dan senang.
    Aku sekarang sudah merasakan keduanya melahirkan lewat jalan biasa, dan C-section.. kalau ditanya mana yang aku pilih? , aku akan jawab..terserah mana aja yang penting anakku segera lahir dan sehat..
    Soal sakit dan tidaknya..sama aja, semua ada enak dan tidaknya..
    Semoga melahirkan kali ini lancar ya Sar.. Amin

     
  • At 11:29 AM, Blogger Michael, Ryan , Emily's Mommy said…

    This comment has been removed by the author.

     
  • At 11:30 AM, Blogger Michael, Ryan , Emily's Mommy said…

    oh ya.. tambah...comment.. kalau ada melahirkan sekali kentut keluar.. nah itu yang hebat.. hehehe

     
  • At 5:23 PM, Blogger Keke Naima said…

    ama2 caesar y kita.. alhamdulillah gak sesakit yg byk org ceritain sih.. paling pas suntik alergi emang sakit y.. sama abis operasi saya juga sama mbak. Menggigil abis... Dingin banget ya..

     
  • At 10:45 PM, Anonymous bunda zikra said…

    wah mama nathan lagi hamil yang ke3? adiknya nathan cewe apa cowo? moga aman dan lancar trus sampe lahiran ya ma:)

    dulu aku juga suka komik2 jepang kayak marichan ituh heheh:)

     
  • At 11:15 AM, Blogger Pucca said…

    wah..lengkap sekali hehe..
    bagus juga cerita kaya gini, bisa disimpen, jadi nanti gak lupa kan? :)

     
  • At 3:19 PM, Blogger yenni 'yendoel' said…

    ntar kelanjutannya yah buat adiknya nathan

     
  • At 2:13 AM, Anonymous nyegik said…

    wow sungguh kumplit dan special pake telor yah, entar buat lagi gag nih

     
  • At 2:03 PM, Anonymous Sarie said…

    @Mommy Axel: kalo misuanya gak protes sih gak pa2, kalo aku diprotes mulu ama hubby:( jd na selalu semangat diet.
    @Holy; bener banget tuh Hol, aku jg mau hehehe
    @ke2nai; iya, dingin bgt:(
    @Bunda Zikra; cowok bun...Amin doanya.
    @viol: iya nih, ntar kalo dah pikun bisa baca2 biar flashback hehehe...
    @yen: Pasti Yen, ditunggu aja ya!
    @nyengik: iya nih, pake ceplok plus dadar hehehe...next birth storynya ditunggu aja ya:)

     
Post a Comment
<< Home
 
 
Clock


Tangerang
Get paid to write online

Earn Money from Blogvertise

Advertise On This Blog

William in memoriam

Lilypie Angel and Memorial tickers

Nathan & Kenzie's Ticker

Lilypie - Personal pictureLilypie Kids Birthday tickers Lilypie - Personal pictureLilypie Second Birthday tickers

Anniversary

Daisypath - Personal pictureDaisypath Anniversary tickers

Shout box


ShoutMix chat widget

Box Journal
Archives
Friends & favorite link
Powered by

Isnaini Dot Com and Car Pictures

BLOGGER

/