Photobucket
Tuesday, September 22, 2009
Tradisi setelah melahirkan memang RIBETZZZ
Setelah satu bulan lebih melahirkan Kenz, aku masih harus terbelit tradisi 40 hari yang ribetnya minta ampun. Mungkin ada baeknya juga, tapi sebagian malah terkesan tidak masuk akal.

Coba ditilik satu persatu.
  1. Setelah melahirkan di larang keramas sebelum 1 bulan...., terbayangkan baunya kayak apa? gak mandi 2 hari aja udah gerah, gatal dan rambut lengket berminyak. Dan aku terpaksa harus tahan tidak keramas selama 1 bulan full. Konon katanya orang yang baru melahirkan tidak boleh masuk angin, makanya tidak heran kalo air buat mandi pun hasil rebusan bawang putih & jahe yang baunya hmmmm......bikin puyeng.
  2. Tradisi makan ayam arak. Sebenarnya tradisi ini cukup menyenangkan. Tapi kalo udah setiap hari makan dengan menu yang sama dan itu itu terussss, kebayangkan bosennya? Dan konon katanya, ayam arak ini bisa membuat tubuh lebih hangat, membuang angin dari tubuh, membuat darah kotor keluar, dan memperbanyak asi.
  3. Orang-orang yang datang berkunjung, termasuk orang dirumah, dilarang keras menyantap kerang-kerangan, terutama tiram. Katanya jika hal ini dilanggar, sang ibu bisa sampai meninggal karena "Radak", semacam alergi. Syeremmm kedengarannya. Secara medis kayaknya blum pernah dibahas..., menurutku hal ini agak aneh, dan tidak masuk akal. Tapi mamaku ngotot kalo hal ini pernah benar-benar terjadi. Ya wis, ikutin aja. Di antaranya masih ada beberapa jenis makanan lain, yang juga termasuk dalam list ini, salah satunya kencur.
  4. Sang ibu dilarang berkunjung ke rumah orang. Menurut cerita orang tua, jika hal ini dilanggar, akan membawa kesialan bagi rumah yang dikunjungi. Dan jika hal itu terjadi, untuk menghilangkan kesialannya, sang pemilik rumah harus memukul kita menggunakan sapu, supaya "kesialannya/apesnya" bisa hilang. Aneh.com kan??? so, selama 1 bulan full, kita dilarang keluar rumah. Hiks! bosennya minta ampunnnn.....
  5. Ibu juga harus selalu memakai kaos kaki, membaluri seluruh tubuh dengan minyak kayu putih/telon, makan makanan yang hangat, juga minuman yang hangat. Dilarang menonton terlalu lama, termasuk internetan...hehehe.... untuk yang ini aku termasuk buandelll, berkali-kali sang mommy ngomel gara-gara aku kepergok lagi ngeblog. Mungkin ada benernya juga kalo yang satu ini, konon katanya mata kita jadi cepat rusak jika dalam 1 bulan ini hal tersebut dilanggar.
  6. Beberapa makanan lain yang sama sekali tidak boleh dikonsumsi sang ibu adalah, terong & talas. Alasannya tidak jelas.
  7. Dilarang menjahit
  8. Dilarang mengunting kuku
  9. Dilarang mengunting rambut
  10. Untuk sang baby, ada juga yang ribet, terutama musti pake bedong...kesian ngeliat baby yang dibungkus bedong, kaki dan tangannya jadi tidak leluasa bergerak. Kata mama, biar kaki babynya gak bengkok dsbnya. Gimana dengan anak-anak yang lahir di luar sono? apa semua pake bedong, tentu tidak toh!
Happy One Month My Lil Kenzie

Photobucket
Kenz digunduli

Photobucket
Ketan kuning, kue wajib satu bulan

Setelah berumur satu bulan Kenz dicukur rambutnya. Karena aku & hubby takut kulit kepala Kenz tergores, akhirnya my sista yang nyukurin. Itupun hanya digunting setipis mungkin. Adekku ini memang jagoan, walaupun belum menikah, dia termasuk paling cekatan, berani dan sangat mahir memegang bayi. Makanya aku pun agak lega kalo Kenz di pegang my lil sis ini.

Photobucket
My lil sister, si tukang cukur

Karena satu bulanan Kenz bertepatan dengan bulan puasa, menu pada acara 1 bulanannya adalah Ketupat.

Pengen banget bisa jalan-jalan saat ini, apalagi setelah full satu bulan dirumah saja. Tapi tetep saja my mom ngotot, aku masih gak boleh kemana-mana....hiks! Terpaksa hubby & my Tan ke Jungle tanpa diriku. Dirumah aku & my Kenz bobo seharian....

Labels:

posted by Liana @ 4:34 PM  
16 Comments:
  • At 12:52 AM, Blogger Arman said…

    hah gile larangannya banyak amat.. hahaha..

    beberapa point sih make sense ya, kayak makan ayam arak dan gak boleh keluar rumah itu cuma karena takutnya ntar gampang sakit karena kan kondisi tubuh orang abis melahirkan itu masih lemah banget.

    tapi yang lain2nya.... hahaha... ada2 aja... :P

     
  • At 9:32 AM, Anonymous angel said…

    haha aku jg uda ngebayangin sar gmn ga keramas sebulan secara aku biasanya keramas tiap malem loh. absen sehari aja udah garuk2 kaya monyet. gmn klo sebulan bisa kutuan ga ya nanti..hiks..
    lama2 beneran kaya tarzan nanti ga bole gunting kuku, gunting rambut, keramas..haizzzz...

    sister nya cantik bgt sar :p

     
  • At 12:46 PM, Blogger Pucca said…

    hihi.. iya aneh2 peraturannya el, emang orang2 dulu ada2 aja ikin aturannya :P
    wah..adek lu cakep amat :D

     
  • At 1:32 PM, Anonymous Lia said…

    Hi Sarie... Salam kenal ya.
    Aku juga ngikutin aturan kaga boleh keramas 40 hari. Duh rasanya lengket berminyak banget. Temen2ku pada ketawain aku karena mereka cuek2 aja keramas abis ngelahirin. Mereka malah pikir aku ini jorox. hehe... Tapi, ya ga ada salahnya toh nurutin orang tua. Begitu saatny boleh keramas, wah girangnya bukan maen. ampe shampooin 3x!

     
  • At 1:56 PM, Blogger mamipapa said…

    wah congratz yah...buat kelahiran baby boynya :)

    hihii aturannya banyak yah, gw dl juga sama kek loe mandi pake air rebusan bawang jahe buset deh...udah gak blh keramas...untung blh mandi..

     
  • At 11:25 AM, Blogger Cyntha said…

    wah gw salut sar...elo bs tahan ga keramas full sbln. gw mah wkt itu cuman bertahan 2minggu doank. minyakan, bau n guatelnya minta ampun. gw hajar keramas aj dah :)

    makan ayam arak...hmm setujuu 1-2x mah enak, tp kalo 40x nonstop yang ada mah enek hehehe...

    Btw congrats dah nglewatin 40 hari yg penuh larangan. Skrg waktunya celebrate kemerdekaan elo niy :D

     
  • At 2:35 PM, Anonymous zee_mami vaya said…

    Sar,

    Pertama-2 congrats dulu ya udah lahiran. Maafin gw yg tdk perhatian ini.... kemarin bulan puasa mo ngeblog malas, jd ga apdet temen2...
    Sehat2 aja kan? Selamat ya for ur baby, udah sebulan... :)

    Memang klo baru lahiran itu pantangan banyak banged ya, apalagi klo bayinya ada bakat alergi. Apa dia alergi jg kayak abangnya?

    Kt mamiku jg gitu hrs dibedong. Tp klo kt para suster, itu hanya biar babynya hangat, nanti da gedean ga usah bedong lagi... :)

     
  • At 6:04 AM, Blogger BabyBeluga said…

    Iya gua jg denger tuh gga boleh keramas. Pas pertama melahirkan, lahirin Jake, besok paginya udah dikasih shampoo and sabun dsbnya, paket dari RS. Susternya blg, udah bisa jalan sendiri ke kamar mandi kalau mau mandi boleh2 aja, yah udah gua cuwek ajah keramas. Dalam ati kalau nyokap gua di Indo tau pasti melarang deh.

    Stlh melahirkan Matt, within 5 days gua udah nyetir bawa dia ke pediatrie untuk check up.

     
  • At 11:11 PM, Anonymous Lala said…

    Lama tidak mampir, ternyata dedeknya sudah lahir, selamat ya mom...
    Wadow aturannya banyak banget ya??

    Doooh damainya lihat baby bobo kek gitu ^_^

     
  • At 10:57 PM, Blogger Selvi said…

    sar, salam kenal yah.

    waktu gua lahirin dulu keramas 25 hari setelah lahiran (nga tahan padahal kan harusnya 40 hari) trus makan ayam arak nga setiap hari. Beberapa kali doang.

    Tua nga rambut gua pakein baby hair lotion biar nga bau gantian aja dengan bedak baby biar nga berminyak / lengket. Jadi mendingan dah.

     
  • At 1:17 AM, Anonymous Anonymous said…

    wah kalo yang tiram itu gua baru tau deh..

    Bentar lagi gua juga mesti menjalani kurungan 40 hari nih. Gaktau deh bakal gimana.. apalagi yang soal kramas itu..

    Dohh moga2 mami n mamamertua gua ga sekolot itu yahh.. ga kebayang gag kramas 40 hari tapi harus ktemu sama tamu2 yang mo nengok baby nya - apa gak kusut masai tuhhh? hiks

     
  • At 1:17 AM, Anonymous Anonymous said…

    wah kalo yang tiram itu gua baru tau deh..

    Bentar lagi gua juga mesti menjalani kurungan 40 hari nih. Gaktau deh bakal gimana.. apalagi yang soal kramas itu..

    Dohh moga2 mami n mamamertua gua ga sekolot itu yahh.. ga kebayang gag kramas 40 hari tapi harus ktemu sama tamu2 yang mo nengok baby nya - apa gak kusut masai tuhhh? hiks

     
  • At 9:51 PM, Anonymous tips komputer said…

    banyak juga ya pantangannya

     
  • At 9:52 PM, Anonymous tips blog said…

    kok jadi ribet ya

     
  • At 9:52 AM, Anonymous Anonymous said…

    Salam kenal, sy mama dee. Sy baru ngelahirin jg,tp anak k2. Dari lahiran ank pertama, nyokap n mertua malah nyuruh keramas tiap hari smpe 40hr,ktnya biar darah putih kgk naek ke kepala. Trus hrs mandi air anget. Gitu doank..

     
  • At 2:47 AM, Anonymous Tanto said…

    hahahaha.. hare gene.. yakin ja ma Tuhan

     
Post a Comment
<< Home
 
 
Clock


Tangerang
Get paid to write online

Earn Money from Blogvertise

Advertise On This Blog

William in memoriam

Lilypie Angel and Memorial tickers

Nathan & Kenzie's Ticker

Lilypie - Personal pictureLilypie Kids Birthday tickers Lilypie - Personal pictureLilypie Second Birthday tickers

Anniversary

Daisypath - Personal pictureDaisypath Anniversary tickers

Shout box


ShoutMix chat widget

Box Journal
Archives
Friends & favorite link
Powered by

Isnaini Dot Com and Car Pictures

BLOGGER

/