Photobucket
Monday, October 12, 2009
I Wish......I have a magic wand
Tringggggs........
Seandainya aku punya tongkat ajaib.

Sungguh minggu-minggu yang melelahkan. Baik secara fisik maupun mental. huhhhh....
Minggu yang begitu berat.

Hari hari tanpa Asistenku Maryati
Mar pulang mudik sejak tanggal 14 September, dan baru akan balik tanggal 15 Oktober (dan itu 3 hari lagi). Mar memang pulang agak lama, karena tanggal 13 Oktober, adeknya akan sunatan. Sejak Mar pulang kampung, pekerjaanku jadi tambah ribet dan menumpuk segunung. Dan sejak itu, mulailah aku jadi "Upik Abu".

Mar adalah salah satu asisten terbaikku sampai saat ini. Aku & hubby sepakat kalo pekerjaannya, ketulusannya dalam mengurus rumah, dan menjaga Nathan memang patut diacungi jempol. Oleh karena itu, aku & hubby sama sekali tidak merasa berat ketika harus mengajinya lebih tinggi dari pembantu2 sebelumnya yang pernah bekerja di rumah kami. Mar, adalah sosok yang tidak pernah mengeluh, dari wajahnya aku bisa melihat, bahwa apa yang dia kerjakan begitu tulus ikhlas. Banyak pekerjaan yang kadang tanpa aku suruhpun langsung dikerjakannya.

Hari hari tanpa Mar, ternyata "sangat sangat" melelahkan secara fisik, apalagi dengan kondisi aku yang baru punya baby lagi. Serasa tiap detik begitu berharga. Pagi-pagi aku harus menyiapkan bekal untuk sang koko. Membangunkannya, membantunya mandi, memberinya segelas susu, mengantarnya ke mobil jemputan. Setelah itu membawa setumpuk baju kotor ke mesin cuci (thanks GOD, mesin ini membantu mencuci hingga kering), aku hanya perlu menjemur, dan itu pun butuh waktu, apalagi harus mencuci 3 kali, karena popok Kenz segunung. Setelah capek dengan popok yang segunung, aku terpaksa memakaikan Kenz diapers siang dan malam, all day with diapers....(Sorry my Kenz, and thanks to diapers).

Pekerjaan lain yang juga tidak aku sukai yaitu menyetrika. Sorry my hubby, selama Mar di kampung terpaksa baju harian kusut dulu ya! Baju yang aku setrika hanya baju bepergian, baju kantor Hubby & baju sekolah Nathan, baju yang lain hanya aku lipat2 saja. Belum lagi harus memasak dan mencuci piring, rasanya tidak pernah habis untuk dicuci. Tolonggggggg!!!!

Mengepel dan menyapu rumah lebih banyak dibantu mama. Terima kasih ma, tanpa bantuanmu rumah ini gak tau akan tampak seperti apa. Mungkin akan tampak seperti rumah yang tidak berpenghuni, lah wong halaman rumah penuh dengan dedaunan kering, lantai rumah berdebu...dan tampak kontor.


Nathan
Scrapblog,Scrapbook,Then And Now
Sejak mar pulang kampung, banyak sekali perubahan di Nathan. Salah satunya, Nathan yang selama ini harus disuapi, sekarang mulai mau makan sendiri.

Walaupun demikian banyak juga tingkah lakunya yang harus membuatku mengurut dada. Mainan yang berantakan, tas & baju sekolah yang diletakan sembarangan. Membongkar-bongkar lemari..., akhirnya selalu harus diakhiri dengan "teriakan Tarzannn".

Sorry my Tan, mama terpaksa harus membatasi gerakmu, dan kata "Jangan" harus menjadi andalan karena rumah yang seperti kapal pecah membuat mama tambah suteresss......

Kenzie
Scrapblog,Scrapbook,Then And Now
My lil Kenz perkembangannya cukup baik. Walaupun setelah lahir sempat mengalami "kuning", namun sekarang berat badannya terus naik. Terakhir ditimbang 1 minggu lalu, berat Kenz telah mencapai 4,4kg.

Sedikit gundah dihati, adalah ketika napas Kenz bunyi grok grok saat mau menyusui, dan kejadian itu setelah gumoh keluar dari hidungnya. Saat itu aku bawa Kenz ke RS Hermina Daan Mogot, aku sangat kuatir karena grok grok dihidungnya tidak juga hilang. Oleh dokter disana, Kenz disarankan untuk diinhalasi.

Aku lupa semboyan milis sehat untuk menjadi "Smart Parent". mungkin karena saking lamanya tidak punya baby, dan jarang berkunjung ke milis, aku jadi tambah oon, dan tidak rasional. Setelah Kenz diinhalasi, malah jadi batuk. Duh! hati ini sedih bener!. Akhirnya pikiranku kembali terbuka untuk menghubungi anggota milis sehat, siapa tau dari mereka pikiranku kembali terbuka, dan benar saja. dari keluhan2ku, banyak tanggapan yang datang, dan beginilah jawaban Dr. Purnawati.

Dear sari
mumpung lagi gak bisa tidur meski badan remuk hiks ... saya coba menanggapi
emailmu ya (thanks buat SP yang sudah membantu)
Yuk kita "bedah" kasus supaya sama-sama bisa belajar

1. Gumoh setelah minum ASI
Biasa kan bayi gumoh .. ada yang sampai umur 3 bulan, ada yang sampai 6 bulan
dst
Lalu .. kapan cemas?
kalau anak gagal tumbuh, kalau gumohnya ada butiran warna tanah (ground color
materials ... darah dan makanan/susu yang terkena asam lambung)

2. Setelah gumoh ... sering grok grok
Hampir semua bayi baru lahir napasnya grok grok meski tak gumoh sekalipun
Jadi bukan lantaran gumohnya
Congested baby ... silakan baca di mayo
Bodo bodoan saya ... 9 bulan di rahim ... bebas polusi .. begitu lahir .. wah
sang bayi disergap oleh berjuta alergen
wajar kan kalau lantas hidungnya bereaksi, bumpettt!!

3. Alergi ... ibu dilarang mengkonsumsi beragam makanan
Wah ... ya gak usah gitu
nanti ibunya gak sehat padahal ibu menyusui kan asupan gizinya harus memenuhi
kaidah sehat seimbang

4. Alergi ... bayinya harus diinhalasi untuk mengeluarkan dahak dari hidung
Coba waktu kalian kecil .. pernah gak di inhalasi?
ingusan gak? pasti meler ya
dahak di hidung akan keluar sendiri kok (kan ada gaya gravitasi hehehe)
Jangan di inhalasi ... itu namanya "berlebihan" ... overtreatment/ over
intervention ... nah gak RUM dong ya!

5. Tidak bisa inhalasi ... hanya diberi mucopect, pengencer dahak
Pengencer dahak yang terbaik adalah ASI, fluid!!
Waktu kecil .. kalian kalau batuk minum pengencer dahak kah?
Nah ... coba kita ganti setting
di kampung ... boro2 beli mucopect ...
apakah lantas dahak anak2 kampung pada kental?
Subhanallah
Tuhan sayang orang miskin
mereka terproteksi dari overtreatment/overintervention

6. Khawatir .... batuknya kembali berdahak
Ketika saluran napas kita teriritasi ... awalnya batuknya memang "kering"
lama2 klan banyak produksi mukus (dahak) .... nah justru harus batuk dong yaaaa

Ok semoga kita selalu mau belajar untuk anak2 kita
maaf jika ada yang tak berkenan
semoga esok lebih baik dari hari ini
wati

Trims dok atas pencerahannya.
Puji Tuhan hari ini Kenz jauh lebih baik, grok groknya sudah hilang, batuk masih sedikit-sedikit. Treatment yang aku lakukan hanya melakukan kegiatan rutin:
  • Pagi hari dari jam 7 sd. 7.30wib Kenz dijemur di bawah sinar mentari. Konon ini sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya dalam memerangi virus flu.
  • Setiap hari sebelum mandi, Kenz selalu aku pijit. Pijitan bayi ringan yang aku pelajari dari CD salah satu produk bayi ternama, selain meningkatkan hubungan bayi & ibunya ternyata pijatan juga dapat membantu meningkatkan produksi ASI (walaupun tidak secara langsung, tapi Bayi yang sehat sedotannya saat menyusui sangat kuat, hal inilah yang bisa membantu meningkatkan produksi ASI..
  • Selalu memberikan ASI dan ASI, sampai saat ini Kenz selalu minum ASI. Walaupun saat kuning, Kenz sempat diberi susu formula (sufor) di RS, tapi sekarang Kenz sudah ASI kembali. Hopefully, aku bisa memberikan ASI sampai Kenz berumur 1 tahun.
AKU
Scrapblog,Scrapbook,Then And Now
Tanggal 10 Oktober kemarin adalah hari ulang tahunku. Usiaku sekarang 32tahun. Sudah tidak muda lagi, tapi berharap selalu awet muda heheheee.......

Happy Birthday to Me...
Semoga Tuhan selalu memberiku kekuatan, kesabaran untuk selalu menjadi anak, istri, dan ibu yang baik bagi orang tuaku, bagi suamiku, bagi anak-anakku.
Semoga Tuhan trus memberikan kasihnya untuk keluargaku.
Semoga Tuhan selalu menjaga & melindungi keluargaku, agar keluarga ini selalu berjalan di jalanMU, Tuhan
Semoga berkat Tuhan terus berlimpah untuk aku & keluarga yang aku cintai ini.

Memang tidak ada kue ulang tahun ataupun acara tiup lilin dihari ulang tahunku ini, tapi aku sudah cukup bersyukur, atas hari yang Dia beri, atas udara yang masih bisa aku hirup, atas kehadiran hubby dan kedua buah hatiku.

Sungguh aku juga bersyukur, keadaan mama juga membaik setelah sempat sakit di pagi ulang tahunku ini. Mama sempat mengalami sakit perut yang cukup parah, hampir pingsan, wajahnya memucat, keluar keringat dingin, kaki dan tangannya dingin. Setelah di bawa ke dokter, menurut dokter hal itu termasuk biasa, rahim mama juga tidak bermasalah. Mama memang sedang menstruasi, juga sedang banyak pikiran disaat bersamaan, hal inilah yang menyebabkan perutnya mengalami kontraksi yang luar biasa karena gumpalan darah yang banyak diperutnya. Sungguh kejadian pagi itu cukup mengejutkanku, karena seingatku beberapa tahun yang lalu, mama pernah mengalami hal serupa, dan kali itu sangat serius, karena mama sempat tidak sadarkan diri beberapa saat.

Aku panik sekali, apalagi saat itu aku hanya bersama 2 pangeran kecilku yang masih belum bisa berbuat apa-apa.

Hari ulang tahunku kali ini memang di warnai kabar yang tidak menyenangkan. Koko mamaku (Khiu thu) dikabarkan menderita tumor/kanker usus, dan harus segera di operasi. Hal inilah yang menyebabkan mamaku banyak pikiran. Tentu saja membuat seluruh keluarga besar sedih. Apalagi papaku juga meninggal dunia karena kanker. Tidak ada yang bisa aku lakukan untuk Akhiu, karena Tuhan tau yang terbaik untuk umatNya, dan kami hanya bisa berserah.

TONGKAT AJAIB

Aku berharap memiliki tongkat ajaib.
Sungguh! seandainya aku memiliki tongkat ajaib Nirmala, banyak yang ingin aku lakukan;
  1. Membuat semua baju bersih & rapi tersetrika.
  2. Membuat rumah bersih tanpa harus disapu & dipel
  3. Membuat makanan enak dimeja, dan piring tercuci bersih
  4. Nathan jadi penurut & Kenz sembuh dari batuknya
  5. My mom pulih dari sakit perutnya
  6. Khiu khiu sembuh dari sakit kanker ususnya
  7. Mobil mewah
  8. Rumah mewah
  9. Jalan-jalan keliling dunia.......
  10. seandainya aku punya tongkat ajaib
Sudah akh, semakin ngelantur saja tulisanku, tapi dalam hati kecil ini memang berharap "Upik Abu" ini bisa berubah jadi "Cinderella" sesaat saja. Capek & Lelahnya jiwa & raga ini....


Labels:

posted by Liana @ 1:03 PM  
10 Comments:
  • At 10:21 PM, Anonymous fifie said…

    sabar ya sar.....punya anak dua, sabarnya juga 2x, capeknya juga 2x, tapi bahagianya juga 2x kan. kita minta kesabaran pada Allah, dan Allah kasih ujian untuk melatih kesabaran kita....

     
  • At 11:56 PM, Blogger Arman said…

    latar foto nya bagus2 tuh.... keren... :)

    ntar next time jangan lupa jadi SP lagi ya... :D

     
  • At 2:52 AM, OpenID tweenes said…

    sarie, dulu ken juga bunyi grok"..katanya kalo misalnya sampe umur brp gitu grok groknya gak ilang, mulutnya mesti dimasukin selang buat ngecek knp bisa grok"..tp untungnya pas skitar umur 4-5 bulanan, bunyinya udah ilang sama sekali =D

     
  • At 9:44 AM, Blogger Mommy Axel said…

    Berbahagialah Te, umur 32, anak udah 2. Wakkaa.. 3 bulan lagi, gua juga 32, tapi anak masih satu dan belum punya rencana nambah sampai pertengahan taon depan. wakkaka...

     
  • At 12:15 PM, Blogger Pucca said…

    sabar ya sabar, orang sabar subur hehehe..
    kamis gak lama lagi kok, tinggal 2 hari lagi, jalanin semuanya jangan stress, baju gak disetrika semua gpp kok, suami pasti gak komplen :)

     
  • At 5:33 PM, Blogger ke2nai said…

    selamat ulang tahun ya.. msh 2 hari lagi ya Mar baliknya.. :)

     
  • At 10:39 PM, OpenID thesalem said…

    hepi belated bday ciii...
    semoga sehat terus, bisa lia 2 jagoannya tumbuh gede dan pinter.

    Iya capek emang urus anak yah...ortu jaman dulu anak segambreng kok bisa yah. yang kuat yah Jia You!!! :)

     
  • At 10:06 AM, Blogger Cyntha said…

    first...happy belated b'day buuu may all ur wishes come true especially being cinderella hehehehe

    *hmmm..skrang dah tgl 16 nih mestinya sih dah come true lah yaaa :*

    trus...bole juga nih ntar kalo gw punya baby lg tanya2. ternyata byk manfaat juga ya ikut2 milis gitu :)

     
  • At 4:48 PM, Blogger Pitshu said…

    kya... aku tiap hari emang jadi upik abu kekekek... sempet males liat kulit kaki yang mulai kasar dan pecah2 tapi mo gemana lagi yah ?! males lotion-an juga :D

     
  • At 9:35 AM, Blogger yenni 'yendoel' said…

    soal GUMOH.
    sar, mamaku yg pernah punya 4 anak, punya tips manjur. dulu crystal sering gumoh, parah, dah kayak muntahin semua asi yg dia minum. kata dokter, bayi itu lambungnya masih ceper, jadi memang gampang muntah. kita dulu sampai rebahinnya dg kepala agak tinggi, diganjel bantal. gak ngefek.
    aku sms mamaku. mamaku bilang gini, setelah setiap kali nyusu, gendong agak posisi vertikal dan tempelkan di badan kita. terus punggungnya ditepok pelan2. ntar kalo si bayi dah sendawa (keluar bunyi kayak "eekkk" dan keluar anginnya), pas direbahkan lagi, biasanya udah gak gumoh/muntah susu. eh, beneran, setelah tips mamaku aku ikutin, crystal gak pernah sekalipun muntahin susu lagi.
    waktu anak kedua, angie. di jambi. tentu tips ini juga aku terapkan. tapi angie lebih dahsyat gumohnya dari cicinya. sudah sendawa "eek" pun masih bisa gumoh, tapi dikit, paling kira2 1 sendok makan. biasanya angie aku tepok2 sampai at least 2 kali sendawa.

     
Post a Comment
<< Home
 
 
Clock


Tangerang
Get paid to write online

Earn Money from Blogvertise

Advertise On This Blog

William in memoriam

Lilypie Angel and Memorial tickers

Nathan & Kenzie's Ticker

Lilypie - Personal pictureLilypie Kids Birthday tickers Lilypie - Personal pictureLilypie Second Birthday tickers

Anniversary

Daisypath - Personal pictureDaisypath Anniversary tickers

Shout box


ShoutMix chat widget

Box Journal
Archives
Friends & favorite link
Powered by

Isnaini Dot Com and Car Pictures

BLOGGER

/